Kebaya Pagar Ayu

Kebaya Pagar Ayu

Kebaya Pagar Ayu

Dibalut gaun merekah, para gadis pengiring pengantin hingga ke pelaminan  tampil cantik berdiri berjajar mengapit kedua mempelai, para gadis itulah dinnamakan Pagar Ayu. Pagar ayu terdiri dari 6 gadis yang berpasangan dengan 6 pria sebagai Pagar Bagus. Sementara dalam budaya Jawa, gadis pengiring pengantin dikenal dengan sebutan Putri Domas. Putri Domas terdiri dari 2 gadis yang bertugas membawa kembar mayang, sejenis hiasan terbuat dari daun kelapa.

 

Tradisi Memberi Kain pada Pagar Ayu

        Sudah menjadi aturan tidak tertulis, apabila setiap pagar ayu yang ditunjuk akan menerima kain berupa bahan, atau busana jadi untuk dikenakan pada pernikahan dari sang pengantin. Mengenai apa saja bahan yang diberikan terserah pada mempelai itu sendiri, namun sebelum memberi bahan kain ada catatan yang perlu disimak agar serasi dan sepadan dengan konsep pernikahan.

          Menurut pengalaman pemilihan bahan kain dan warna sangat bergantung pada konsep serta tema warna pernikahan. Meskipun begitu, melakukan eksperimen yang berbeda tidak ada salahnya dicoba. Dan di bawah ini beberapa tips untuk Anda sebelum membeli bahan atau gaun jadi untuk para pagar ayu Anda. 



1. Motif

   Bila kebanyakan gaun pagar ayu polos tanpa motif, kali ini cobalah untuk bereksperimen dengan gaun-gaun bermotif. Selain eye-catching, permainan motif mampu membuat suasana pesta menjadi lebih berwarna


2.  Eksplorasi Gaun Berwastra

    Tidak ada salahnya gaun para pagar ayu sedikit melenceng dari konsep pernikahan. Semisal, konsep pernikahan yang mengusung konsep semi tradisional, busana para bridesmaid tidak melulu harus berupa kebaya kutubaru atau pun kartini, kain wastra berupa batik atau tenun pun cocok menjadi gaun seragam dengan siluet yang beragam. Dengan begitu akan menimbulkan kesan tradisional sekaligus modern. 


3. Warna

  Sama halnya dengan poin di atas, pemilihan warna pun tidak selalu harus mengikuti tema warna pernikahan. Membedakan warna dasar gaun para pagar ayu dengan kedua mempelai menjadi solusi untuk menonjolkan penampilan kedua pengantin.

Buat Kamu ladies, yang sebentar lagi mau merayakan permikahan atau kamu yang bakal jadi pagar ayu.  Kamu Bisa Sewa Kebaya Pager Ayu dan juga make up yang sesuai dengan Warna Kebaya yang akan dipakai. Kamu boleh datang ke Makaffah Salon & Bridal,

 

 

 Yuks segera fitting dan pilih warna sesuai dengan tema pesta pernikahannya, hanya di  :

Makaffah Salon & Bridal Cimahi

-Jalan Amir Machmud No.584 Cimahi-Bandung

081222123301/02286001460

 

Makaffah Salon & Bridal Jakarta

-Jalan Nangka Raya No.1000 D Tanjung Barat Jakarta Selatan

087883662725/02122701343

 


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar